Skip to main content
Selamat datang, sekarang anda sedang berada dalam blog yang bernama PAPINFO . Di dalam blog ini anda dapat mencari Informasi seputar Design Grafis, Design Web, Buku Panduan Tutorial beserta screenshot - screenshot yang dapat mempermudahkan anda dalam mencari Informasi yang anda butuhkan. Mungkin tidak semua informasi yang anda cari semua ada disini,, Tapi saya berharap semua yang anda butuhkan ada disini semua. Jika anda ingin berdonasi untuk blog ini, maaf, maksud saya donasi bukan donasi dalam bentuk mata uang, tapi dalam bentuk Artikel yang mungkin ingin anda share ke orang lain tapi anda bingung mencari media untuk membagikanya, atau tidak mengerti apapun soal website? anda bisa langsung hubungi Contact Person di Tab paling bawah (Footer). Saya akan sangat berterima kasih apabila anda mau membagikan sedikit/banyak ilmu ke sesama orang yang membutuhkannya. Tujuan kita disini adalah untuk saling berbagi ilmu pengetahuan.
Follow saya di Instagram

Membuat Favicon Sesuai Kreasi

Created byAdi Hermansyah

Malang, Jawa Timur

Episode - 3

design grafis - membuat design favicon website sesuai keinginan



Selamat datang,, sekarang anda sedang membaca artikel yang ketiga dari blog ini, sebelumnya saya membahas tentang bagaimana membuat design Navigasi Bar CSS kekinian dan juga tentang design grafis : cara Membuat logo YouTube,, nah di episode kali ini akan saya bagikan sedikit artikel tentang bagaimana cara membuat FAVICON Web ( atau logo kecil di bar Tab Browser anda ) .. Tetapi design nya sesuai yang anda buat sendiri.. nah bagaimana caranya? langsung simak informasi berikut ya :)




Oke,, anda bisa menggunakan software Design Grafis seperti Photoshop, CorelDraw, Paint 3D, dll .

Tapi di Tutorial ini saya menggunakan CorelDraw saja.
Mengapa? mungkin karena Fitur nya yang lebih mudah dipahami daripada Photoshop.. mungkin yaa.. atau karena di PC saya cuma tersedia CorelDraw karena males Install Photoshop.

Langsung saja,,

Langkah pertama
anda Open dulu Software-nya.



- Langkah Kedua
buat New Untitled dulu .. terserah ukuran
kertas tidak penting,, tapi di menu atas yang sejajar dengan ukuran kertas anda cari kata Units ,, anda ubah Option Units menjadi Pixels . karena nantinya ukuran logo akan diubah ke ukuran 100px/100px.



- Langkah Ketiga
anda mulai membuat logo nya .. sebagai contoh, misal saya punya Website untuk bisnis, jadi saya akan buat logo dengan tema bisnis, daripada anda bingung, langsung ke tutorial nya saja.
- Anda buat shapes Rectangle Tool dalam bentuk persegi dengan ukuran misal 2000 x 2000
- Lalu anda beri warna sesuai pada gambar
- Jika sudah anda buat Persegi lagi dengan dengan ukuran lebih kecil dan taruh di atas dengan warna yang agak gelap, kurang lebih hasilnya seperti ini.



- Langkah Keempat
anda buat persegi lagi dengan ukuran dominan memanjang dengan lebar kecil 1 buah saja, seperti contoh gambar .. jika sudah, silahkan klik persegi yang anda buat lalu cari di Menu -> Object -> Transformation -> Position atau bisa juga anda klik ( Alt + F7 ) .. jika sudah, coba anda cek menu di Transformation ubah value X menjadi 550px dan biarkan value y tetap 0px,, Centang Relative Position dan ubah posisi kotak2 dibawah kata Relative Position ,, klik kotak kedua di sisi kanan, dan value Copies tambahkan menjadi 2, setelah itu klik APPLY, atau lebih mudahnya lihat gambar dibawah ini :



- Langkah Kelima
anda ubah ukuran dengan cara mendorong tinggi gambar dengan mouse anda ke bawah atau ke atas,, dan ubah warnanya saja sesuai yang anda inginkan.



- Langkah Keenam
anda select semua objek dari gambar tersebut dengan cara menekan ( Ctrl+A lalu Ctrl+G ) lalu anda hilangkan outline dengan mengubah value Outline menjadi 0px ,, seperti gambar dibawah :



- Langkah Ketujuh
anda ubah ukuran Logo anda menjadi Lebar:100px - Tinggi:100px.



- Dan langkah terakhir anda Export gambarnya dengan cara cari menu di atas,, File -> Export -> Ubah Format ke .png atau jika tidak bisa coba anda ubah format menjadi .ico





Mungkin hanya ini untuk Episode ketiga ini ,, bagi yang mau request tutorial apa yang mau dibuatkan silahkan komen langsung dibawah atau hubungi contact person dibawah ini :


Enjoy your day ..



CP : 085357370938






Comments

Popular posts from this blog